Rabu, 26 November 2014

Teks Eksposisi

Pentingnya Persiapan Tes Ulangan Akhir Semester

            Awal desember ini, siswa SMAN 2 akan melaksanakan Tes Ulangan Akhir Semester (UAS). Untuk menghadapi UAS ini, kita perlu mempersiapkan diri dengan baik, baik dari segi fisik maupun nonfisik. Berikut ini adalah sejumlah argumentasi perlunya kita mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS.
            Dari beberapa faktor yang penting untuk mempersiapkan UAS, ada dua faktor yang penting yaitu faktor fisik dan faktor pikiran. Pentingnya menjaga fisik kita agar saat kita mengerjakan soal UAS konsentrasi kita tidak terganggu. Misalkan saja kita sedang sakit flu. Saat sakit flu, kita tidak mungkin bisa tenang saat mengerjakan soal UAS karena cairan yang ada di hidung kita akan keluar saat kita flu. Jadi konsentrasi kita akan terganggu.
Lalu yang kedua adalah faktor pikiran. Pentingnya kita mempersiapkan pikiran kita agar saat mengerjakan soal UAS kita tidak merasa kesulitan dan kita bisa percaya diri dengan jawaban yang sudah kita tulis. Tapi, jika kita tidak mempersiapkan pikiran kita dengan baik, maka kita akan kesulitan mengerjakan soal dan akan merasa tidak percaya diri. Akan tetapi, jika kita sudah menyiapkan pikiran kita dengan baik, kejadian tersebut tidak akan terjadi.
            Faktor lain yang perlu kita siapkan yaitu perlengkapan-perlengkapan untuk UAS. Peralatan itu seperti bolfoin, pensil, penghapus, penggaris, tipek, dan rautan pensil. Faktor perlengkapan ini harus kita siapkan sebelum melaksanakan UAS agar saat kita mengerjakan soal kita tidak perlu meminjam alat kepada teman sehingga kita tidak mengganggu konsentrasi teman kita. Jika kita belum menyiapkan perlengkapan tersebut, kita tidak bisa mengerjakan soal dengan cepat karena kita harus meminjam alat kepada teman atau pengawas UAS.

            Bisa kita simpulkan, bahwa persiapan untuk menghadapi UAS sangat diperlukan. Beberapa faktor yang harus disiapkan yaitu fisik, pikiran, dan perlengkapan. Faktor-faktor tersebut harus kita siapkan dengan baik karena jika tidak konsentrasi kita akan tergganggu dan kita juga dapat mengganggu konsentrasi teman kita. Kita harus bisa menyiapkan diri kitaa dengan baik sehingga saat mengerjakan soal UAS kita dapat mengerjakan dengan mudah dan percaya diri.

3 komentar:

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Sebelumnya saya mohon maaf. saya, Dyah Pradnya Narenswari, teman anda sendiri, akan mengomentari postingan anda mengenai Pentingnya Persiapan Tes Ulangan Akhir Semester, guna melengkapi tugas Bahasa Indonesia.

    Saya menemukan sebuah kalimat " Jika kita tidak mempersiapkan pikiran kita dengan baik, maka kita akan kesulitan mengerjakan ...." . Menurut pengetahuan saya selama mengikuti pelajaran yang diberikan oleh Bapak Sartono Jaya, jika diawal kalimat telah ada kata "jika", kita tidak perlu menambahkan kata maka dianak kalimatnya. selanjutnya, saya pikir teks tersebut condong kepada teks prosedur diakhir teksnya.

    saya kira cukup, tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada Saudara Arvian, mohon maaf dan terimakasih.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  2. Ini sebuah komentar yang paling baik yang temukan di antara sejumlah komentar yang saya baca di blog siswa. Mohon ditindaklanjuti. Selamat Mbak Naren!

    BalasHapus