Jumat, 21 November 2014

Persiapan Tes Ulangan Akhir Semester

            Awal desember ini, siswa SMAN 2 akan melaksanakan Tes Ulangan Akhir Semester (UAS). Untuk menghadapi UAS ini, kita perlu mempersiapkan diri dengan baik, baik dari segi fisik maupun nonfisik. Berikut ini adalah sejumlah argumentasi perlunya kita mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS.
                Secara fisik kita harus menjaga kesehatan kita. Menjaga kesehatan sangat penting karena jika tidak sehat kita akan terganggu kosentrasinya. Cara menjaga kesehatan ada beberapa macam. Pertama dengan cara mengontrol  makanan yang kita konsumsi. Misalnya makanan yang pedas, minuman yang dingin, dan sebagainya. Jika kita terlalu banyak memakan makanan yang pedas, maka akan menyebabkan diare. Minuman dingin pun sama. Jika dikonsumsi terlalu banyak, maka akan menyebabkan flu atau pilek.
            Mejaga kesehatan yang kedua dapat dilakukan dengan cara selalu mengatur waktu. Seperti mengatur waktu belajar, waktu bermain, dan waktu istirahat. Waktu belajar harus ditentukan dengan benar. Waktu yang baik untuk belajar yaitu setelah sholat isya sampai dengan jam 9 dan sehabis sholat subuh sampai jam setengah 6. Walau akan menghadapi UAS, kita harus tetap fresh. Kita tidak boleh terlalu tegang saat akan menghadapi UAS. Jangan hanya mementingkan belajar saja karena jika otak tidak diberi refreshing, otak juga akan lelah. Akibatnya kita bisa setres. Maka kita harus menyempatkan diri untuk refreshing. Refreshing dapat dilakukan dengan cara menonton televisi, bermain game, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Akan tetapi, waktu refreshing harus dibatasi. Waktu refreshing yang baik yaitu 1 sampai 2 jam. Walaupun kita belajar malam, kita harus tetap istirahat. Jika kita sudah merasa mengantuk, maka kita harus segera tidur karena saat kita mengantuk ilmu yang kita pelajari tidak akan masuk.
            Selain menjaga fisik, kita juga harus menjaga rohani kita. Untuk itu, kita harus senantiasa menjalankan kewajiban kita untuk beribadah dan selalu berdoa. Kegiatan itu akan membantu kita tetap tenang dan percaya diri saat mengerjakan soal UAS.
            Akan tetapi, sebagai siswa SMA pasti kita sudah memiliki rasa suka kepada lawan jenis. Hal ini dapat mempengaruhi proses belajar anak-anak SMA. Apalagi yang sudah sampai pacaran. Itu juga sangat mempengaruhi proses belajar anak. Ada juga anak yang berpacaran untuk meningkatkan semangat belajarnya karena orang yang dipacarinya tahu apa yang dibutuhkan pasangannya itu. Akan tetapi, dikehidupan nyata hal itu jarang terjadi.

            Bisa kita simpulkan, bahwa persiapan untuk menhadapi Tes Ulangan Akhir Semester dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menjaga kesehatan tubuh, mengatur waktu belajar dan bermain, dan melaksanakan kewajiban kita untuk beribadah dan berdoa. Akan tetapi, dibalik semua cara itu pasti ada halangannya juga. Hal itu adalah ketertarikan kita terhadap lawan jenis yang wajar dimiliki oleh setiap siswa SMA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar