Rabu, 01 April 2015

Laporan Pendidikan Luar Sekolah

Hari kamis, 26 Maret 2015 saya dan teman-teman SMAN 2 Magelang beserta beberapa guru pembimbing mengadakan kunjungan di luar sekolah atau pembelajaran luar sekolah. Untuk melaksanakan PLS ini kita dibagi 5 bus. Saya mendapat jatah di bus 1.Perjalanan kita bermula pukul 07.00 WIB dan langsung menuju ke PT Stritex di Sukoharjo. Perjalanan dari SMAN 2 Magelang sampai ke Sukoharjo sekitar 3 jam. Saat perjalanan kita bernyanyi di bus untuk menghilangkan jenuh. Sesampainya di PT Sritex kita langsung masuk ke aula utama untuk dijelaskan tentang PT Sritex.
            Asal usul PT Sritex berawal dari toko kain di pasar Klewer yang didirikan oleh bapak Lukminto. Setelah puluhan tahun usaha yang didirikan oleh beliau telah diresmikan oleh presiden padatahun 1992 dan pelebaran pabrik pada tahun 2009. Sampai sekarang karyawan yang bekerja di PT Sritex mencapai kurang lebih 20 ribu orang. PT Sritex memproduksi beberapa pakaian seperti baju perang, pakaian fashion, alat-alat perang, topi, tas ,dan masih banyak lagi. Proses dari pemintalan benang sampai menjadi baju dilakukan dilakukan di satu tempat. Hingga kualitas dari PT Sritex tidak usah dirragukan lagi. Limbah dari sisa kain juga tidak terbuang sia-sia dan mencemari lingkungan tetapi diberikan kepada konvensi-konvensi kecil di sekitar perusahaan. Kain-kain perca tersebut diolah kembali oleh konvensi-konvensi tersebut hingga tidak terbuang sia-sia. Terdapat sekitar 50 gedung yang ada di PT Sritex ini. Tidak heran jika perusahaan ini sangat terkenal di beberapa negara asing.
            Setelah kita selesai di PT Sritex, kita melanjutkan perjalanan ke rumah makan Taman Sari. Di sana kita makan, solat, dan istirahat sebentar. Baru setelah itu kita melanjutkan perjalanan ke Sangiran. Perjalanan ke Sangiran tidak cukup lama. Hanya kurang lebih 1 jam saja. Sesampainya di Sangiran, kita langsung masuk ke dalam Museum.
            Di Sangiran dibagi menjadi 3 bagian yaitu ruang pamer 1, ruang pamer 2, dan ruang pamer 3. Kita di kelompokkan berdasarkan bus dan kelas kita masing-masing. Di Sangiran dipamerkan banyak fosil hewan purba dan manusia purba serta sejarahnya. Disana juga terdapat beberapa patung manusia perba yang dibuat untuk menggambarkan manusia perba yang sudah memfosil. Ada juga proses penemuan fosil sampai penggalian fosil. Di sana kita hanya belajar tentang sejarah. Sesampainya di atas atau atap dari museum ini, kita berfoto bersama. Di sana pemandangannya sangat indah dan juga cantik. Banyak dari kita yang berfoto-foto di sana. Setelah capek berfoto, kita turun dan langsung mengganti baju dan solat di musola terdekat.
            Selanjutnya kita menuju ke Javaneir. Javaneir ini merupakan pusat oleh-oleh souvenir dan beberapa makanan khas daerah. Di sana bnyak sekali souvenir-souvenir yang bagus dan harganya pun terjangkau. Baju batik pun ada di sana. Kami membawa beberapa buah tangan untuk keluarga di rumah. Setelah itu kita menuju ke rumah makan Taman Sari lagi.

Setelah di rumah makan Taman Sari kita makan, solat di jamak, dan istirahat. Lalu kita melanjutkan perjalanan ke SMAN 2 magelang. Di perjalanan kebanyakan siswa tidur karena sudah sangat mengantuk. Setelah kurang lebih 3 jam kita sampai di SMAN 2 Magelang. Saya, Aldi, Ahmad Khoirudin, dan beberapa siswa lain takut untuk pulang ke rumah karena membawa motor sendiri sehingga kita memutuskan untuk menginap di masjid SMAN 2 Magelang. Kita sangat kecapekan dan mengantuk. Setelah membeli beberapa makanan dan minuman kita pun tidur bersama di masjid.